Konstruksi Alat Tangkap Purse Seine pada KM. Putri Safira -A

The Construction of Purse Seine Gear on KM. Putri Safira-A

Authors

  • Bernhard Katiandagho Akademi Perikanan Kamasan
  • Rondi Lewi Korwa Akademi Perikanan Kamasan Biak, Papua

DOI:

https://doi.org/10.58950/jpk.v4i1.67

Keywords:

Kontruksi Alat Tangkap, Purse Seine, KM. Putri Savira-A

Abstract

Alat tangkap purse seine menjawab semua permasalahan tentang penangkapan ikan yang aman karena dalam pengoperasiannya tidak mengganggu atau merusak ekosistem yang ada didalam perairan (Subani & Barus, 1989). Kegiatan konstruksi alat tangkap purse seine di Kabupaten Biak Numfor dimulai dengan beroperasinya KM. Putri Safira-A (berbahan fiber glass) sejak pertengahan tahun 2020. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskribsikan mengenai desain dan konstruksi purse seine; prosedur pengoperasian purse seine,  jenis dan jumlah hasil tangkapan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tangkapan. Hasil studi ini memaparkan bahwa pukat cincin (purse seine) yang digunakan berbentuk trapesium dengan konstruksi yang terdiri atas bagian badan, sayap, kantong, tali ris atas, tali pelampung, pelampung, selvege, tali ris bawah, tali pemberat, pemberat, cincin, tali cincin dan tali kolor. Pengoperasian pukat cincin (purse seine) secara bertahap dimulai dengan penurunan alat tangkap (setting) pukat cincin, dilanjutkan dengan penarikan tali kerut (towing/ pursing), serta pengangkatan (hauling) pukat cincin. Kemudian, hasil tangkapan yang diperoleh selama 5 trip penangkapan sebanyak 15.000 kg yang terdiri dari ikan Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares) sebanyak 6000 kg, ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) sebanyak 4000 kg, dan ikan Layang Biru (Decapterus macarellus) sebanyak 5000 kg. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penangkapan dengan pukat cincin (purse seine) yaitu arus, cuaca, kecepatan setting dan kecepatan penarikan tali kerut (purshing), serta cahaya bulan. Selain itu dalam penelitian lanjutan, perlu adanya studi lanjutan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penangkapan.

References

Ayodhyoa, AU. 1981. Metode Penangkapan Ikan. Bogor: Yayasan Dewi Sri.

Baskoro, M.S., Taurusman, A.A., dan Sudirman. 2011. Tingkah Laku Ikan Hubungannya dengan Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. Bandung: Lubuk Agung.

Dahuri, R., 2003. Keanekaragaman Hayati Laut. Aset Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat. 2004. Kajian Penangkapan Purse seine dan Kemungkinan Pengembangannya di Indramayu. Skripsi. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. IPB. Bogor.

Istrianto, K., Suharyanto., D. Sarianto., dan A. Fitra. 2021. Analisis Pengaruh Kecepatan Lingkar dan Waktu Tarik Terhadap Hasil Tangkapan Pukat Cincin. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan Volume 16, No.2; Hal: 121-129.

Mudztahid. 2013. Mengenal Alat dan Metode Penangkapan Ikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Jakarta.

[PERMEN KP] Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2021. 2021. Penempatan Alat Penangkapan Ikan Dan Alat Bantu Penangkapan Ikan Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia dan Laut Lepas serta Penataan Andon Penangkapan Ikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap.

Rahardjo, B. 1978. Suatu Studi Pendahuluan tentang Hidrodinamika dari Purse seine. Karya Ilmiah. Bogor: Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor.

Rizky, S. A. 2012. Definisi dan Konstruksi Alat tangkap Purse seine. Bandung: Program Studi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Padjadjaran

Sadhori, N. 1985. Teknik Penangkapan Ikan. Bandung: Angkasa

Sandi, L. 2017. Teknik Pengoperasian Alat Tangkap Purse seine pada KMN. Inka Mina 245, Di Perairan Laut Banda Kendari, Sulawsi Selatan. Tugas Akhir. Pangkep: Program Studi Penagkapan Ikan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan

Siahaan, I. C. M., R.Rasdam., dan R. Stiawan. 2021. Teknik Pengoperasian Alat Tangkap Purse seine pada KMN. Samudera Windu Barokah di Desa Bojomulyo Juana Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan.Vol. 16 No. 1.

Silitonga, C., Isnaniah., dan Syofyan, I. 2016. Studi Konstruksi Alat Tangkap Pukat Cincin (Purse seine) Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga Kelurahan Pondok Batu Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Riau: Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Riau.

Subani, W., dan H. R. Barus. 1989. Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut. Jurnal Penelitian Perikanan Laut 5 1988 ( Edisi Revisi ). Jakarta

Sudirman dan A. Mallawa. 2012. Teknik Penangkapan Ikan. Edisi Revisi 2012. Jakarta: Rineka Cipta. 211 hal.

Sudirman. 2013. Mengenal Alat dan Metode Penangkapan Ikan. Jakarta: Rineka Cipta. 257 hal.

Supardi, A. 2007. Alat Penangkap Ikan. Jakarta: Sekolah Tinggi Perikanan

Suprapto, Nurulludin., & Sadhotomo, B. 2014. Komposisi jenis, daerah sebaran dan kepadatan stok ikan demersal di perairan utara Papua. in: Suman, A., Wudianto, A. Ghofar & J. Haluan (Eds): Status pemanfaatan sumber daya ikan di Samudera Hindia (WPP 572, 573) dan Samudera Pasifik (WPP 717). Jakarta: Ref Grafika

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Katiandagho, B., & Korwa, R. L. (2023). Konstruksi Alat Tangkap Purse Seine pada KM. Putri Safira -A: The Construction of Purse Seine Gear on KM. Putri Safira-A. Jurnal Perikanan Kamasan : Smart, Fast, &Amp; Professional Services, 4(1), 48–63. https://doi.org/10.58950/jpk.v4i1.67

Most read articles by the same author(s)